Nyeri Saat Haid, Yuk Lakukan Kegiatan Ini


Kesehatan / Thursday, April 5th, 2018

Saat masuk dalam masa haid atau menstruasi, perempuan akan mengalami beberapa perubahan dalam dirinya. Emosi naik turun, pegal-pegal di berbagai bagian tubuh, hingga nyeri dan kram perut mungkin jadi hal yang selalu berulang tiap bulan buat perempuan yang sedang mengalami menstruasi. Nah, nyeri perut inilah yang biasanya jadi halangan untuk beraktivitas karena membuat konsentrasi menurun.

Diketahui jika kram perut ini merupakan hasil dari kontraksi yang berlebihan dari otot uterus.Otot-otot ini menekan pembuluh darah.Lalu saat tekanan ini berlanjut, suplai oksigen diputus ke uterus.Mengalami kekurangan oksigen inilah yang menyebabkan rasa sakit dan kram.

Nah, supaya gangguan menyebalkan seperti ini tidak menghampiri dan ganggu aktivitas kamu. Kamu bisa lakukan hal ini dengan pengobatan rumahan loh, yuk cari informasinya :

  1. Kompres Dengan Air Hangat
    Menerapkan panas pada perut bagian bawah atau perut akan menghasilkan sebuah keajaiban.
  2. Pijat
    Sebuah pijatan yang berlangsung 15 menit yang berfokus pada bagian perut, pinggang, dan sisi lainnya bisa mengurangi kram hingga 90 persen.  Tambahkan pula sentuhan ekstra dengan minyak esensial untuk memijat.Gunakan minyak dasar seperti minyak zaitun atau minyak kelapa dengan beberapa tetes minyak esensial untuk memijat area ini.Aromaterapi memiliki manfaat tambahan untuk menenangkan pikiran kita juga.
  3. Konsumsi Banyak Air Putih
    Terdengar klise, namun lagi dan lagi, minum air putih menjadi salah satu hal termudah yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa sakit saat haid. Usahakan rutin dan banyak mengonsumsi air putih. Oh iya, kalau sebelum masa haid kamu cukup minum air putih, maka rasa nyeri saat haid bisa terhindarkan. Nah, saat nyeri melanda coba deh konsumsi air putih hangat, cairan hangat ini akan bisa melancarkan peredaran darah dari kulit dan membuat otot yang kram jadi lebih rileks.

    Baca Juga :  Manfaat Kromium untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

  4. Konsumsi Makanan Bergizi
    Saat sedang haid ada baiknya kamu mengonsumsi makanan yang mampu mengurangi rasa nyeri. Salah satunya adalah makanan yang memiliki kandungan kalsium, seperti susu, almond, sayuran hijau dan banyak lagi yang lainnya. Kalau kamu ingin ngemil, lebih baik konsumsi kacang almond, karena mengandung mangan yang kaya akan mineral dan dapat membantu mengurangi rasa sakit atau kram perut. Konsumsi makanan berlemak, alkohol dan kafein, hanya akan memperparah rasa sakitmu.
  5. Olahraga
    Bukan berarti kalau lagi haid, malas-malas dan jadi malas berolahraga, Sahabat Trivia. Malahan, dengan kamu olahraga tubuhmu akan mengeluarkan endorfin, yaitu zat yang fungsinya bisa meningkatkan mood. Salah satu olahraga yang bisa kamu lakukan adalah yoga. Banyak gerakan yoga yang mampu membantu mengurangi rasa kram dan nyeri para perutmu saat haid. Selain itu, kamu pun bisa menjadi relaks dan tenang, sehingga kram perut pun bisa perlahan-lahan berkurang.
  6. Istirahat Yang Cukup
    Di sela-sela kegiatanmu, coba deh luangkan waktu untuk beristirahat. Cara ini cukup mudah dilakukan untuk mengatasi nyeri yang berlebihan saat haid. Jadi, istirahat yang cukup adalah penting untuk kamu, Sahabat Trivia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *